Manfaat Zinc

Manfaat Zinc Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Zinc – Zinc merupakan zat mineral yang sangat penting bagi tubuh dan zat ini banyak ditemukan dalam sel tubuh, fungsi zat zink ini sendiri sangat pentin bagi tubuh karena berperan sebagai katalisator saat terjadinya reaksi-reaksi biokimia di dalam tubuh serta juga menjadi salah satu komponen penting di dalam sel lainnya seperti DNA, RNA dan dalam menyusun asam nukleat.

Zinc sendiri banyak ditemukan dalam tubuh seperti di dalam sistem pencernan, jaringan dalam, sistem metabolisme tubuh dan lainnya.

Kekurangan zinc di dalam tubuh sangat berbahaya bahkan menurut penelitian yang dilakukan bahwa kekurangan zat zinc ini bertanggung jawab pada kematian 800.000 anak di dunia setiap tahunnya.

Zat zinc ini bisa ada di dalam makanan yang sikonsumsi entah itu disadari atau tidak namun juga bisa ditemukan
secara khusus dalam bentuk suplemen. berikut adalah manfaat dan fungsi zinc bagi tubuh.

Manfaat dan Fungsi Zinc Bagi Tubuh :

1.Meningkatkan sistem imun

Mencukupi kebutuhan zinc harian bisa membantu anda meningkatkan sistem imun tubuh. sebaliknya, maka jika terlalu sedikit zinc dapat merusak fungsi kekebalan tubuh sehingga membuat and lebih mungkin terkena serangan penyakit, terutama penyakit yang menyerang sistem imun seperti virus dan bakteri.

kekuangan zinc akan membuat seseorang mengalami keterlambatan penyembuhan luka dan membuat tubuh menjadi rentan terhadap infeksi.

2.Mencegah jerawat

Jerawat berkembang ketika ada penumpukan minyak, bakteri dan sel-sel kulit menutupi pori-pori, sehingga menyebabkan kulit di sekitar pori-pori berubah menjadi merah, bengkak dan sakit.

Zinc bermanfaat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan membantu mengendalikan respon inflamasi. Zinc juga dapat mengatur reproduksi sel yang dapat membantu mengurangi jumlah minyak berlebih yang dihasilkan oleh kulit, sehingga mencegah penyumbatan pori-pori yang menjadi penyebab jerawat.

3.Mengoptimalkan fungsi reproduksi

Manfaat lainnya dari zinc adalah untuk meningkatkan kinejra dari organ reproduksi, kandungan zinc ini juga berpengaruh pada aliran darah saat proses pembentukan sperma terjadi.

saat sperma dibentuk jika darah kekurangan zinc maka bisa dipastikan bahwa sperma yang dihasilkan tidak akan seoptimal dibandingkan dengan mereka yang memiliki cukup kandungan zinc.

Untuk wanita sendiri jika sampai kekurangan zinc bisa mengakibatkan hal fatal seperti kesulitan mengandung atau kesulitan mempertahankan kandungan, sehingga berakibat pada keguguran.

pembuahan fetus yang terjadi pun tidak akan normal sehingga janin tidak berkembang, sulit melahirkan dan banyak hal lainnya yang sangat beresiko.

4.Membantu penyerapan nutrisi

Zinc membantu tubuh menyerao vitamin A dan juga enzim antioksidan lainnya sehingga bermanfaat mengurangi tingkat radikal bebas. Zinc telah terbukti mampu melindungi mata dari kerusakan seperti degenerasi makula dan rabun.

Meskipun demikian, anda harus waspada karena kebutuhan zinc untuk tubuh kita tidak terlalu banyak, jadi pastikan anda tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi zinc.

5.Membantu regenersi sel

Zinc membantu melakukan regenerasi sel yang rusak di dalam tubuh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan zat lain.

jika tubuh kekurangan zat zinc maka akan menyebabkan banyak penyakit diantaranya yang paling banyak adalah pada masalah kulit dan dalam selatup lendir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *