Faktor Yang Mempengaruhi Tinggi Badan

Faktor Yang Mempengaruhi Tinggi Badan

5 Faktor yang mempengaruhi tinggi badan- Memiliki masalah tinggi badan tentunya tidak hanya mempengaruhi kepribadian anda, tetapi juga dapat mempengaruhi keinginan anda dalam menggapai cita-cita. Seperti menjadi seorang anggota kepolisian, TNI, Pramugari, Model, dan profesi lainnya yang harus memiliki tinggi badan yang ideal.

Berikut adalah faktor penyebab yang dapat mempengaruhi tinggi badan :

Faktor Genetika

Berdasarkan penelitian, sebagian besar anak akan memiliki tinggi yang tidak jauh berbeda dengan orang tuanya ketika dewasa nanti.

Study ekstensif meninjukan bahwa sekita 60%-80% dari tinggi badan ditentukan oleh genetika, sementara 20%-40% disebabkan oleh lingkungan terutama makanan yang anda konsumsi

Faktor Nutrisi atau Asupan Gizi

Asupan gizi sangat penting dan harus dijaga mulai dari janin didalam kandungan, sampai lahir serta sekarang ini. Zat gizi harus dipenuhi supaya tinggi badan bisa maksimal.

Mineral dan Vitamin harus tercukupi seperti kalsium, protein, zat seng, zat besi, yodium, Vitamin A dan D. Sekarang ini banyak sekali suplemen yang mengandung nutrisi tersebut seperti obat peninggi badan

Faktor Hormon

Hormon yang mempengaruhi pertumbuhan laki-laki adalah hormon Tetosteron dan hormon Pertumbuhan (GH), untuk perempuan hormon Estrogen dan pertumbuhan (GH).

Untuk memaksimalkan tinggi badan seseorang harus memaksimalkan kinerja hormon-hormon tersebut, untuk memacu hormon-hormon tersebut lakukan aktivitas sesuai kebutuhan supaya pertumbuhan anda maksimal.

Faktor Istirahat (tidur)

Istirahat yang berkualitas sangat mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan manusia. Sebab jika manusia melakukan istirahat yang pulas dna cukup hormon pertumbuhan anak bekerja secara maksimal, hormon pertumbuhan akan diproduksi bila manusia beristirahat (tidur) sudah mencapai 4 jam.

Meskipun seseorang yang telah dewasa(maksimal usia 30 tahun) dapat bertambah tinggi badannya dengan istrahat yang teratur sebab dengan istirahat yang teratur tulang rawan akan berkembang dengan baik dan berubah menjadi tulang biasa, yang akan bertambah panjang.

Maka dari itu, tidurlah minimal 8 jam sehari untuk memperoleh produksi hormon pertumbuhan yang maksimal, kurangi tidur sampai larut malam.

Faktor Olahraga

Olahraga yang teratur bisa memicu produksi hormon pertumbuhan sehingga dapat menambah tinggi badan secara signifikan. Gerakan-gerakan dalam olahraga seperti renang, basket dan lainnya juga secara langsung merangsang tulang kaki dan punggung untuk bertambah panjang.

Dengan demikian, jika seseorang yang memiliki orang tua yang tinggi, dan mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang baik selama  masa pertumbuhannya, serta melakukan olahraga dan mempunyai kualitas tidur yang baik akan cenderung tinggi (Sport Md, 2009).

Itulah 5 faktor yang bisa mempengaruhi tinggi badan, oleh karenanya tidak adalah salahnya jika mulai dari sekarang perbaiki semua hal agar tidak ada lagi hambatan dalam pertumbuhan tinggi badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *